Catatan Buku: Guru Keren, Guru Penulis

Guru Keren, Guru Penulis, merupakan buku pertama saya yang diterbitkan di tahun 2020. Buku ini menceritakan bagaimana seorang guru—khususnya guru di sekolah dan dosen di perguruan tinggi dan umumnya semua orang yang terlibat menyukseskan dunia pendidikan di Indonesia, agar mau menulis.

Di dalam buku ini, saya menceritakan bagaimana pentingnya seorang guru untuk menulis. Karena dengan menulis, seorang guru esensinya berusaha meningkatkan kapasitas dirinya sebagai seorang pendidik. Sehingga, semakin banyak menulis akan semakin meningkat kapasitas dirinya sebagai seorang pendidik.

Dari kiriman file pdf yang saya terima dari penerbit, jika tidak ada perubahan buku ini memiliki ketebalan 258 halaman, ukuran buku 15 x 23, Harga Rp 102.000. Tetapi, bila ada perubahan akan saya kabarkan kembali. Sehingga, info yang saya berikan menjadi falid, dan Anda yang akan membeli buku tidak merasa tertipu.  

Harusnya, buku ini sudah beredar di bulan Maret 2020 ini. Tetapi, karena wabah Virus Corona yang kemudian banyak perusahaan mengharuskan WFH (Work From Home), membuat kerja penerbitan dan percetakan melambat. Sehingga, hal tersebut berpengaruh terhadap proses cetak naskah buku ini. Tetapi, tenang saja dan tak usah khawatir. Bagi yang ingin memesan, langsung hubungi penulis, nanti saya akan berikan No. WA penerbitnya.

Baik, saya akan meneruskan untuk membahas isi buku ini secara umum. Sehingga, Anda sebagai calon pembeli buku ini mendapatkan informasi lengkap, dan tidak seperti orang membeli kucing di dalam karung. Karena saya sendiri tak ingin, mengecewakan Anda setelah mendapatkan buku ini.

Tetapi malah sebaliknya, saya ingin Anda sebagai pembeli buku ini merasa beruntung dapat memiliki buku ini. Karena di dalam buku ini, saya membahas bukan hanya dari sisi teori berkaitan bagaimana harusnya kita sebagai guru bisa menjadi seorang penulis.

Akan tetapi, apa yang saya ceritakan dalam buku ini, telah saya jalankan, dan Alhamdulillah saya telah menerbitkan lebih 20 buku dan ratusan artikel ilmiah populer. Jadi, di dalam buku ini bukan hanya omdo alias omong doang. Tetapi, saya telah mengamalkan dan telah membuktikan menjadi seorang guru yang penulis.

Bagian Depan Buku

Kelebihan Buku Guru Keren Guru Penulis

Agar Anda sebagai calon konsumen tidak seperti membeli kucing dalam karung, maka saya akan mebeberkan kelebihan dari buku ini. Sehingga dengan mengetahui kelebihan buku ini, keputusan untuk bisa memiliki buku ini, tidak membuat Anda ragu dan bimbang.

Secara keseluruhan, buku ini berisi 15 bagian (15 bab). Dimana setiap bab terdiri dari beberapa sub bab, sebagai penjabaran dari judul di bab yang bersangkutan. Seperti yang telah saya sampaikan, buku ini merupakan perpaduan dari pengalaman penulis selama menekuni kegiatan menulis sembari menjadi guru (dosen), dan kemudian memadukannya dengan teori-teori kepenulisan yang ada.

Bagi Anda yang saat ini berstatus sebagai guru, mulai dari guru di sekolah, dosen di perguruan tinggi, guru mengaji, guru les, dan semua orang yang berkecimpung di dunia pendidikan, buku ini sangat cocok untuk dimiliki. Karena, dengan memiliki buku ini, maka akan menjadi salah satu ikhtiar untuk meningkatkan kwalitas diri kita sebagai seorang guru.

Dimana, dengan membeli buku ini, Insya-Allah Anda sebagai pembaca akan merasa terpacu untuk belajar menulis secara otodidak. Karena menulis esensinya gampang-gampang susah. Gampang bila dikerjakan dan mendapatkan panduan yang tepat, dan susah bila tidak dikerjakan.

Nah, di dalam buku ini saya sebagai penulis buku mencoba menjelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana, kemudian mengaitkan implikasi terhadap peningkatan kwalitas diri kita sebagai seorang guru. Sehingga, dengan belajar menulis, maka akan banyak manfaat yang diterima bagi kita yang saat ini berprofesi sebagai guru.

Dan masih banyak kelebihan buku ini, yang tak dapat saya sebutkan satu persatu. Oh iya, Alhamdulillah buku ini mendapatkan Prolog dari Prof. Dr. Syaiful Bakhri, S.H., M.H., Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta; dan Epilog dari Prof. Dr. Jamhari, M.A., Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang saat ini beliau diminta untuk menjadi Wakil Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Selain itu, buku ini juga mendapatkan sambutan dari beberapa tokoh dalam bentuk endorsement di cover belakang buku, antara lain: Dr. Ir. Muslimin Nasution, Menteri Hutbun Periode 1998-1999 dan Presidium ICMI Tahun 2005-2010; Prof. Dr. Armai Arief, M.Ag., Guru Besar Pendidikan Agama Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; dan Dr. Supangat Rohani, MA., Direktur Sekolah An-Nahl dan Alumni Program Doktor Universitas Pendidikan Indonesia.

Pasti penasaran kan, terhadap isi buku ini, agar rasa penasaran tak bertambah, maka saya beri cuplikan tulisan dari buku ini. Semoga, dari cuplikan buku ini Anda sebagai calon pembaca buku ini, bisa memberikan penilaian atas buku ini.

Di bawah ini merupakan contoh cuplikan bagian kelima (bab 5) dari buku ini. Dimana, penulis coba menghubungkan bagaimana pentingnya seorang guru untuk bisa menulis. Bahkan, bila guru tak mau menulis dan belajar, saya sangat menyarankan untuk guru yang bersangkutan berhenti mengajar. Cuplikannya, bisa dilihat di bawah ini.

Saya coba hadirkan contoh cuplikan bagian ketiga belas (bab 13), yaitu bagaimana seorang guru harus memutuskan diri menjadi guru penulis. Keputusan yang cepat untuk menjadi guru penulis, akan mempercepat diri kita sebagi seorang guru memiliki keahlian menulis. Cuplikannya, bisa dilihat di bawah ini.

 Tentu saja, saya tidak akan membeberkan secara lengkap di dalam blog ini, berkaitan dengan isi dari naskah buku Guru Keren Guru Penulis. Intinya, bila Anda ingin menjadi seorang guru yang keren, maka menjadilah guru penulis. Memiliki buku ini, tentu akan menjadi salah satu ikhtir menjadi guru penulis.

Apakah Buku ini Hanya untuk Orang yang Berprofesi Guru?

Bila pertanyaannya adalah, apakah buku hanya dikhususnya untuk orang-orang yang berprofesi sebagai guru? Tentu saja tidak, siapa saja boleh membaca buku ini. Khususnya, bagi orang-orang yang mau belajar menulis secara otodidak.

Karena, di dalam buku ini dijelaskan bagaimana agar kita bisa menulis, dengan cara banyak berlatih menulis. Dan cara untuk berlatih menulis, di dalam buku ini dijelaskan oleh penulis secara detail—baik untuk penulis pemula, penulis yang telah lama belajar menulis, ataupun penulis yang telah menghasilkan karya.

Artinya, bila Anda calon pembaca ada niatan untuk menjadi penulis, nah buku ini sangat tepat untuk dimiliki. Karena, saya sebagai penulis buku ini, Alhamdulillah telah menulis lebih 20 buku dan ratusan artikel ilmiah (maaf kalau diulang-ulang, agar Anda tak ragu untuk membeli buku ini, hehehe). Maka dari itu, buku ini sangat tepat bagi Anda yang ingin belajar menulis. 

Kekurangan Buku Ini

Bila boleh meminjam kata pepatah, maka saya sebagai penulis buku ini akan mengatakan bahwa, “tak ada gading yang tak retak”. Artinya, sebaik apapun usaha yang kita lakukan untuk menghasilkan suatu karya, bisa dipastikan akan ada saja kekurangan dari karya yang kita buat.

Tetapi, saya sendiri memiliki pandangan yang mungkin berbeda dengan mereka yang selalu mengedepankan kesempurnaan terhadap suatu karya. Menurut hemat saya, “ketidak sempurnaan pada suatu karya, esensinya adalah kesempurnaan”.

Mengapa demikian?

Karena, kesempurnaan hanyalah milik Sang Pencipta. Maka, bila kita menunggu untuk menghasilkan karya yang sempurna, berarti kita telah berusaha menyamakan diri kita dengan Sang Pencipta. Maka dari itu, ketidak sempurnaan esensinya adalah kesempurnaan.

Artinya, kita menghasilkan sebuah karya adalah sebuah kesempurnaan sebagai bentuk untuk menunjukkan eksistensi kita sebagai manusia—yang ditugaskan oleh Tuhan sebagai khalifah di muka bumi ini.

Maka dari itu, saya ulangi lagi, ketidak sempurnaan esensinya kesempurnaan. Tetapi, bila Anda sebagai calon pembeli buku ini ingin mengetahui ketidak sempurnaan dari buku ini, saya sarankan Anda untuk membaca dari awal hingga akhir. Barulah, Anda bisa menilai buku ini.

Panduan Menggunakan Buku

Kebahagiaan terbesar bagi penulis ialah, kebermanfaatan dari buku yang berhasil diterbitkannya. Maka dari itu, saya akan memberikan panduan dalam menggunakan buku ini. Sehingga, Anda sebagai orang yang membeli buku ini, tidak menyesal telah mengeluarkan uang untuk membeli buku ini.

Panduan Pertama, membaca secara lengkap. Diharapkan, Anda sebagai pembaca buku untuk membaca mulai dari Pengantar Penulis hingga Epilog dari buku ini. Tujuannya, agar Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap untuk menjadi seorang guru yang penulis.

Panduan Kedua, apa yang Anda dapatkan dari buku ini, harap segera dipraktikkan. Seluruh panduan yang ada di dalam buku ini, Alhamdulillah telah saya jalankan, dan membuat diri saya menghasilkan lebih 20 buku dan menulis raturan artikel populer. Artinya, tips yang ada dalam buku ini, bukan omdo (omong dong), tapi saya telah membuktikannya.

Panduan Ketiga, baca kembali, saat semangat menulis menurun. Bila semangat untuk berlatih menulis menurun, cobalah membaca kembali buku ini mulai dari awal hingga akhir. Sehingga semangat untuk berlatih menulis kembali meningkat.

Paduan Keempat, baca buku-buku panduan kepenulisan lainnya. Membaca buku panduan kepenulisan lainnya juga penting. Agar, Anda sebagai seorang guru yang ingin menjadi guru penulis cepat tercapai. Alhamdulillah, ada dua buku saya lainnya berkaitan dengan tema kepenulisan, antara lain: Kitab Sakti Menulis  dan Menguak Rahasia Menulis Cepat. Buku ini juga satu penerbit dengan buku Guru Keren, Guru Penulis. Jadi, kalau mau pesan, bisa langsung sekalian.

Panduan Kelima, perbanyak berlatih menulis. Kunci utama untuk bisa menulis ialah, perbanyak berlatih menulis. Berkaitan dengan berlatih menulis, saya sudah menjelaskan secara lengkap, bagaimana seorang guru berlatih menulis di buku Guru Keren Guru Penulis. Selain di buku tersebut, saya juga menjelaskan secara lengkap di buku Kitab Sakti Menulis dan Menguak Rahasia Menulis Cepat.

Panduan Keenam, harus konsisten berlatih menulis setiap hari. Ingat, dengan membaca buku yang saya tulis, tidak akan serta-merta membuat diri Anda menjadi penulis. Kuncinya, Anda harus konsisten berlatih menulis setiap hari. Saya ulangi lagi, konsisten berlatih menulis setiap hari.     

Sumber: Cover Katalog Buku Penerbit Rajawali Buana Pusaka

Cara Pemesanan Buku

Bagi yang ingin memesan buku Guru Keren, Guru Penulis,  dan buku-buku saya lainnya, bisa langsung menghubungi penerbit Rajawali Buana Pusaka, di No. WA: 0813-8326-6266 (Mbak Octi) atau 0812-9966-3720 (Mbak Via).

Buku akan langsung dikirim ke alamat yang bersangkutan oleh penerbit, setelah melakukan pembayaran yang ditransfer ke rekening penerbit. Tetapi, untuk lebih gampang karena bersifat teknis, lebih baik Anda langsung menghubungi No. WA yang telah saya berikan.

Oh iya, untuk pemesanan di musin Virus Corona pada saat sekarang ini, respon agak sedikit lambat. Karena, adanya kebijakan WFH (Work From Home), sehingga agak sedikit mempengaruhi kinerja penerbitan. Jadi, mohon maaf bila agak lambat responnnya.

Lagi-lagi, agar komunikasi lebih nyaman, langsung hubungi No. WA di atas, bagi yang ingin memesan buku tersebut, dan buku-buku saya lainnya. Sehingga dengan menghubungi No. WA tersebut, akan mempermudah komunikasi antara Anda sebagai pemesan dengan pihak penerbit.   

Bila Ingin Mengundang Pelatihan Menulis

Sebagai penulis buku dan tulisan artikel populer lainnya, saya sangat senang bila ada institusi ataupun komunitas yang ingin mengundang saya sebagai pemateri untuk acara sharing kepenulisan—baik berbentuk seminar, bedah buku, workshop, dan lain sebagainya.

Tentu saja, bukan untuk menggurui, tapi hanya sekadar sharing berkaitan pengalaman selama menggeluti dunia kepenulisan. Berkaitan pengalaman dalam menggeluti dunia kepenulisan, Alhamdulillah sudah lebih 10 tahun saya berkecimpung di dunia kepenulisan.

Bagi yang ingin mengundang saya sebagai pemateri, bisa menghubungi saya di No WA: 0877-7586-4634. Kalau bisa, pemberitahuan paling tidak sebulan sebelumnya. Sehingga saya bisa menyesuaikan jadwal yang saya miliki, dan juga bisa menyesuaikan dengan tema kegiatan yang akan diadakan oleh panitia.

Penutup

Demikianlah yang dapat saya sampaikan berkaitan dengan informasi dari buku saya yang berjudul, Guru Keren, Guru penulis. Sebelum saya tutup, saya hanya ingin mengatakan bahwa, bila Anda benar-benar ingin menjadi seorang guru yang penulis, maka milikilah buku ini. Insya-Allah, niatan untuk menjadi guru Penulis akan tercapai. Karena saya telah membuktikannya.

Selamat membaca dan selamat mempraktikkan isi buku ini..!  

Tinggalkan komentar