Memiliki Blog, Niatkan Jadi Pembelajar Sejati

Sumber: AntonWidawan.com

Memiliki blog, bisa menjadi salah satu cara untuk jadi pembelajar sejati. Karena, tak mungkin seorang pemilik blog mampu menuliskan artikel bagus secara konsisten di blognya,tanpa memiliki kebiasaan membaca.

Sementara membaca, merupakan bagian dari kegiatan belajar. Karena ilmu pengetahuan akan diperoleh melalui kegiatan membaca. Semakin banyak membaca, akan semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh.

Oleh karena itu, memiliki blog pribadi bisa menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan gairah belajar pada diri seseorang. Sehingga, semakin banyak menulis artikel di blog pribadinya, akan semakin banyak bahan bacaan yang telah dibacanya.

Sumber: Canva.com

Membaca dan Menulis

Ada dua aktivitas yang akan dilakukan oleh seorang blogger (baca: pemilik blog) dalam kehidupan sehari-hari, setelah dirinya membutuskan untuk membuat blog, yaitu membaca dan menulis.

Seorang blogger tidak akan mungkin bisa menuliskan artikel yang baik dan layak, bila dirinya tidak memiliki aktivitas membaca yang tinggi. Karena, artikel yang baik dan layak dibaca, hanya akan dihasilkan oleh seseorang yang rajin membaca.

Disebabkan dirinya rajin membaca, maka dirinya akan mampu menuliskan artikel yang memang layak untuk dibaca khalayak umum. Sehingga artikel yang ditulis memiliki bobot kualitas di atas rata-rata artikel yang ada.

Dan mungkin, dirinya bukan saja memiliki aktivitas membaca yang tinggi. Akan tetapi, dirinya masuk ke dalam kategori orang-orang yang rakus membaca. Sehingga di balik batok kepalanya, tersimpan beragam informasi yang siap untuk dituangkan menjadi artikel yang bermanfaat untuk pembaca.

Kegiatan membaca dan menulis yang dilakukan secara konsisten, tentu saja akan menghantarkan dirinya menjadi seorang professional di bidangnya. Karena dirinya akan memiliki kemampuan lebih, bila dibandingkan kemampuan rata-rata orang yang bergelut dalam profesi tersebut.   

Profesionalisme akan Semakin Meningkat

Secara tidak sadar, sebenarnya seorang blogger (baca: pemilik blog) sedang membangun profesionalisme melalui blog yang dimilikinya. Karena, semakin banyak menulis artikel di blog pribadinya, akan semakin banyak bahan bacaan yang dikonsumsi oleh dirinya.

Tentu saja, banyaknya bahan bacaan yang dibaca, tanpa disadari membuat dirinya semakin paham akan rumpun keilmuan dari profesi yang sedang digelutinya. Sehingga dirinya akan memiliki informasi yang berlimpah berkaitan dengan profesi yang digelutinya.

Informasi yang berlimpah, tentu saja akan menghantarkan dirinya menjadi seorang profesional. Sehingga kemampuan lebih yang dimiliki, akan memberikan nilai ekonomi yang tinggi terhadap dirinya.

Hal yang harus menjadi pertimbangan ialah, nilai ekonomi seorang profesional tentu akan lebih mahal bila dibandingkan dengan orang yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja. Dan klien, akan berani membayar mahal seorang profesional, karena keahlian yang dimilikinya benar-benar dibutuhkan oleh sang klien.

Sebagai contoh, Alberthiene Endah, seorang penulis buku yang sangat produktif, yang saat ini banyak menuliskan buku biografi tokoh-tokoh nasional. Beberapa buku biografi yang pernah dituliskan, antara lain: Presiden Joko Widodo, Ciputra, Ibu Ani Yudhoyono, Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir, Merry Riana, dan lain sebagainya.

Bila ada yang bertanya, kira-kira berapa rupiah klien harus mengeluarkan gocek untuk mendapatkan jasa menulis biografi dari Alberthiene Endah? Dengar-dengar dari beberapa informasi di media yang saya baca, nilai jasa yang ditawarkan bernilai ratusan juta. Wawwww….! Keren kan….!

Lantas, mengapa para klien berani membayar harga yang mahal? Jawabannya sangat sederhana, karena Alberthiene Endah merupakan seorang professional dalam penulisan naskah buku biografi. Sehingga dirinya memang layak dibayar mahal.

Dan mungkin, masih banyak contoh profesionalisme yang dimiliki oleh seseorang. Sehingga orang lain (baca: para klien) berani membayar mahal dari keahlian yang dimilikinya. Maka dari itu, memiliki blog bisa menjadi salah satu media meningkatkan profesionalisme yang kita miliki.  

Sumber: Digination.ID

Niatkan Jadi Pembelajar Sejati

Sesibuk apapun aktivitas yang kita miliki, kita harus tetap konsisten untuk melakukan aktivitas membaca dan menulis. Jangan sampai, disebabkan kita telah menjadi seorang profesional, membuat kita lupa untuk melakukan aktivitas membaca dan menulis.

Salah satu cara untuk membuat kita tetap bersemangat melakukan aktivitas membaca dan menulis ialah, niatkan diri kita untuk menjadi pembelajar sejati. Pembelajar sejati ialah, seseorang yang tak pernah merasa puas dalam hal belajar.

Dan dirinya menganggap bahwa kegiatan belajar akan berhenti, setelah nafas berhenti mengalir. Maka, selama nafas masih mengalir normal di sekujur tubuh, berarti kegiatan belajar masih harus terus dilaksanakan.

Oleh karena itu, ketika diri kita memutuskan menjadi seorang blogger (baca: pemilik blog), maka bersitkan niat dalam hati kita untuk menjadi seorang pembelajar sejati, yang akan terus melakukan aktivitas membaca dan menulis dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan banyak membaca, wawasan yang kita miliki akan meningkat. Dan dengan banyak menulis, akan banyak hal yang dapat kita bagikan kepada para pembaca. Maka dari itu, niatkan diri kita menjadi pembelajar sejati, agar kita bisa konsisten membaca dan menulis.

Selamat menjadi pembelajar sejati, melalui media blog yang dimiliki oleh diri kita masing-masing…!

Baca Juga: Seorang Profesional Wajib Miliki Blog, untuk Bangun Branding        

Tinggalkan komentar